Review Akatsuki no Yona

Konichiwa Minna-san....... kembali dengan mimin di jadennime story huehuheuhuehue.....

Kali ini mimin akan mereview salah satu anime shoujo yang keren banget mulai dari ceritanya, desain karakternya, bahkan sampai backsoundnya. Judul anime yang bakal mimin review kali ini adalah Akatsuki no Yona. So... Cekidot~

Judul: Akatsuki no Yona
Genre: ActionAdventureComedy, FantasyRomance, Shoujo
Rilis: Fall 2014
Type: TV Series
Status: Finished Airing
Episodes: 24
Score: 8,20 (My Anime List)
Producers:VAP, Hakusensha, AT-X, Delfi Sound, Marvelous AQL, Tokyo MX, Age Global Networks, Docomo Anime Store, Top-Insight International Co., LTD.
Studio: Pierrot Studios
Source: Manga (by Mizuho Kusanagi)


Anime ini merupakan anime shoujo (anime yang berfokus pada karakter utama perempuan) yang bercerita tentang kisah seorang gadis muda berambut merah bernama Yona. Yona merupakan seorang putri kerajaan dari Raja Il yang merupakan Raja dari Kerajaan Kouka (ceritanya begitu :v). Anime ini bergenre fantasy karena memang ceritanya fantasi banget (abis ini mimin ceritain deh kenapa fantasy wkwkwkwk). Walau fantasy, dalam ceritanya ini kalo ada orang rambutnya warna merah menyala kayak langit fajar kan pasti langka banget dan nggak biasa yak hahahaha.

Oke sebelum kita bahas ceritanya dalam anime ini, mimin mau cerita dulu Kouka Kingdom itu seperti apa dan kenapa sampe ceritanya fantasy. Jadi ceritanya jaman dulu surga dihuni oleh banyak Dewa (biasalah ya plotnya). Salah satu Dewa yang ada disini adalah para naga (yes it's a doragon :v). Nah sekarang ada nih Naga Warna merah namanya Hiiryu. Hiiryu sangatlah menyukai manusia, saking cinta dan sukanya dia kepada manusia, dia akhirnya turun ke dunia dan menjelma menjadi seorang manusia. Cintanya yang besar terhadap manusia akhirnya Hiiryu membentuk sebuah keluarga yang sangat besar dan menjadi sebuah kerajaan yaitu Kouka Kingdom dan akhirnya dia menjadi seorang Raja yang pertama (bapak founder gitu yee). Tetapi, seiring berjalannya waktu Hiiryu pun akhirnya mulai bangkit untuk melawan manusia. Manusia yang selalu memiliki kekuatan kegelapan luput hatinya dan kemudian menginginkan kekuatan dari Hiiryu. Disaat ia sudah berada diambang kematian langit menjadi cerah dan turunlah 4 naga lainnya dari surga. Mereka bermaksud untuk mengajak Hiiryu untuk kembali ke surga, namun ia menolak karena dia telah menjadi manusia. Walaupun ia dibenci dan dikhianati oleh manusia, Hiiryu masih tetap mencintai manusia. Karena kecintaan keempat saudaranya terhadap Hiiryu. Keempat naga itu memilih 4 orang ksatria dan memberikan darah mereka sehingga mereka memiliki kekuatan untuk melindungi Hiiryu dan Kouka Kingdom. Namun karena Hiiryu adalah menusia, ia tidaklah luput dari yang namanya usia. Disaat Hiiryu meninggal keempat ksatria naga pun berpencar ke penjuru dunia dan menghilang dan Kouka Kingdom diwariskan kepada 5 buat suku yang menjadi penerus mereka.

Beribu-ribu tahun berlalu akhirnya Hiiryu pun berenkarnasi menjadi Yona. Oleh karena itulah, makanya Yona rambutnya merah :p. Oke lanjut ke cerita, Yona tumbuh dari kecil bersama 2 orang temannya, 1 adalah sepupunya yang berasal dari kakak ayahnya sang Raja Il yaitu Soo Woon, 1 lagi adalah putra dari ketua suku angin (ketua suku = jendral Kouka) yang diyakini memiliki kekuatan tempur paling tinggi (Hak). Nah pas diceritanya nih si Yona lagi ultah (HBD yaaaa wkwkwkwk). Terus katanya dia pengen menyatakan perasaannya kpd Soo Woon karena udah menginjak umur 16 tahun. Eh tapi Bapaknya tidak merestui dan malah mau jodohin sama Hak wkwkwkwk. Tapi walau begitu Yona tetap memilih Soo Woon (sekarang sih, nanti beda kok :v). hari pun mulai gelap dan tragedi pun akan terjadi (kayak permberitahuan bencana gitu ya :v). Yak si Soo Woon ternyata mengkudeta sang Raja, nah pas itu ga sengaja si Yona lewat dan melihat kejadian ayahnya dibunuh oleh Soo Woon (Aduh sakit itu sakit). Pas itu entah takdir atau bukan (ya jelas bukan lah), si Yona berhasil kabur setelah Soo Woon juga ingin membunuhnya. Pas itu ga sengaja Hak (jendral suku angin yang suka sama Yona tpi bertepuk sebelah tangan) smells something fishy wkwkwkwk, eh ternyata bener si Yona mau dibunuh Soo Woon, entah gimana mimin juga lupa akhirnya Hak berhasil membawa pergi Yona kabur dari istana.

Dalam perjalanan Yona masih syok (yaiyalah dia cewek coy, di kudeta orang yang dicintai lagi). Terus akhirnya Hak harus kerja keras buat ngeindungi Yona. Setelah perjalanan satu malam akhirnya mereka sampai di suku angin. Pokoknya nanti kalian nonton sendiri aja ya, mimin capek kalo harus ceritain keseluruhan cerita. habis itu Hak sebenernya mau ninggalin Yona di suku angin dan pergi mengembara tapi Yona mintak ikut dan terkesan maksa (eh emang maksa sih). Lalalalala eh dikejar suku api mereka, terus akhirnya Hak berusaha melindungi Yona dan hampir mati ketusuk panah beracun, pas Hak hampir jatuh ke jurang eh si Yona  gantian yang mau nolong eh malah jatuh berdua ke jurang. untungnya sih belum mati si Yona soalnya pas jatuh aja dilindungi sama Hak (cieeee cowok perhatian). Pas didasar jurang mereka bertemu dengan seorang bishonen :v (maksudnya cowok tapi gantengnya cantik) sama seorang biksu yang ternyata dia mantan high priest kouka kingdom yang diusir sama ayahnya Soo Woon yang ga percaya sama titah Dewa. Lalalalala akhirnya si biksu ini ternyata punya ramalan kalo mereka meneruskan perjalanan si Hak bakal mati karena melindungi Yona. Karena si Yona ga mau Hak mati (beh langsung tersipu itu Hak :v) akhirnya dikasi taulah sama si biksu ramalan buat Yona dan ternyata isi ramalannya adalah untuk pergi mencari keempat ksatria naga dalam legenda yg udah mimin ceritain diatas. 1 merupakan jelmaan Naga putih (ia diberkahi sebuah cakar naga di tangan kanannya yang memiliki kekuatan bagaikan seribu prajurit), 1 merupakan naga biru (ia diberkahi mata yang cantik yang mampu melihat bahkan dari kajuhan sekalipun dan sebenernya punya kekuatan misterius sih tpi mimin sampe sekarang ga paham), 1 merupakan jelmaan naga hijau (ia diberkahi kaki naga yang memiliki kekuatan luar biasa, bahkan bisa dipakai untuk lompat yang sangat tinggal seperti melayang diudara), dan terakhir adalah jelmaan naga kuning yang memiliki tubuh yang kuat (pertamanya mimin ga paham sama maksudnya tpi setelah nonton ovanya ternyata dia abadi dan si doi adalah ksatria naga yang terus hidup dari jamanya raja Hiiryu). Oke habis dapet ramalan itulah akhirnya Yona berangkat untuk berpetualang mencari keempat naga tersebut. Cerita fullnya nanti nonton sendiri aja ya~

Nah ini adalah penampakan para naga dan temen2nya Yona pas perjalan. Banyak cogan cogannya ya wkwkwkwk namanya juga anime shoujo


Kalo menurut mimin sih anime ini sangatlah bagus, liat aja scorenya sampe 8,20. Bagi mimin ini adalah anime shoujo terbaik yang pernah mimin tonton karena ya emang ceritanya ga monoton masalah romance aja kayak anime2 shoujo lainnya tetapi dibumbui sama kisah petualangan yang sangat menarik. Entah sudah berapa kali mimin nonton anime ini, dan belum bosen juga kok sampai sekarang (mungkin udah 5 kali lebih). Ceritanya bener2 keren dan enak untuk diikuti. Belum lagi anime ini memiliki berbagai battle yang epic banget dan banyak sekali momen2 yang bikin merinding dan takjub.

Dari segi art dan karakter desain, mimin acungi 2 jempol (4 malah kalo bisa) untuk desainernya. dari segi latar, karakter desain, sampai detail gambar benar2 dikerjakan dengan baik sampe bisa memanjakan mata mimin yg udah nonton berkali-kali.

Dari segi audio, seiyuunya mimin ga begitu paham yak tapi mimin suka semua kok suaranya. Bagian paling penting adalah backsoundnya dan soundtrack yang digunakan benar2 bagus. Openingnya yang pertama cuman instrumental doank sih emang tpi lagunya enak banget untuk didengar.

Sayangnya anime ini adalah anime seasonal yang dimana baru bercerita sebagian saja dari keseluruhan cerita. Kalo mimin nggak salah animenya baru sampe Yona berhasil menemukan dan memersatukan keempat naga dan merencanakan jalan selanjutnya. Kalo mimin saranin bagi kalian2 yang pengen tau bagaimana kerennya Yona saat membenahi Kouka kingdom dari bayang2 Soo Won ya bacalah manga Mizuho Kusanagi. Ceritanya sekarang udah jauh banget, dan Kekuatan politiknya Yona ga kalah sama Soo Woon.

Demikian yang dapat mimin sampaikan, selamat menonton ya...... Happy Watching~

Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou