Review Bakuman (3 Season)

Yo minna..... untuk mempersingkat waktu langsung aja ya mimin lanjut ke postingan kedua hari ini.

Postingan kedua hari ini juga mengangkat anime drama seperti Shirobako tadi. Bedanya kalo yang tadi animenya bahas bagaimana anime itu dibuat, maka anime ini akan menceritakan kepada kalian tentang bagaimana sebuah manga atau komik Jepang itu terbit mulai dari awal pengajuan judul sampai menjadi populer seperti One Piece, Naruto, Boku no Hero Academia, dsb. Okedeh Langsung aja yuk kita cek infonya dulu sebelum ngereview. Oh iya sebelumnya maaf kalo misal reviewnya langsung mimin buat jadi satu dari tiga season karena untuk menghemat waktu dan jumlah kata yang harus mimin ketik wkwkwkwk.

Judul: Bakuman (3 Season)
Genre: Comedy, Romance, Shounen, Drama
Rilis: 2 Oktober 2010 s.d. 30 Maret 2013
Type: TV
Status: Finished Airing
Episodes: 25, 25, 25 (total 75)
Score: 8,33; 8,50; 8,68 (My Anime List
Producers: NHK, Shueisha
Studios: J.C.Staff
Source: Manga by Tsugumi Ohba & Takeshi Obata


Anime Bakuman merupakan adaptasi anime dari manga populer karangan Tsugmi Ohab dan Takeshi Obata yang mana juga merupakan ayah dari manga populer yaitu Death Note. Bakuman ini merupakan karya kedua dari duo kombi ini (sepertinya). Dengan genre yang jauh berbeda dengan karya mereka sebelumnya tidak menurunkan kualitas dari cerita yang mereka sajikan. Cerita yang disajikan dalam anime tidak lain adalah cerita tentang 2 pemuda yang bercita-cita untuk menjadi mangaka terkenal. Jadi ya isi ceritanya nanti overall adalah tentang bagaimana prosesi manga itu dibuat sampai menjadi populer dan berlanjut sampai cukup lama. 

Seperti yang telah mimin sampaikan Bakuman ini akan berfokus pada 2 orang pemuda SMP yang merupakan teman sekelas yaitu Mashiro Moritaka dan Takagi Akito. Takagi Akito merupakan siswa terbaik di sekolah loh teman-teman hahahha. Nah ia tau bahwa di Mashiro ini memiliki kemampuan untuk menggambar dengan baik jadi ia bermaksud untuk mngajaknya bergabung karena Takagi hanya bisa menulis cerita dan tidak bisa menggambar :v. Nah si Mashiro ini ternyata keponakan dari seorang mangaka legendaris yang Takagi idolakan, namun Mashiro menolak untuk bergabung denganya. Tetapi Takagi tidak menyerah, tanpa sadar ia mengajak Mashiro ke rumahnya si Azuki Miho, perempuan yang telah Mashiro taksir sejak lama dan diketahui oleh Takagi :P. Nah ternyata si Takagi juga tau kalo Azuki juga suka sama Mashiro namun mereka berdua itu malu2 dan juga info penting lainnya Azuki itu bercita-cita jadi seiyuu. Nah ga sengaja pada saat dirumah Azuki itu mereka berdua ga sengaja propose kalo mau jadi mangaka dan berencana bikin anime juga, nah si Azuki ini juga pengen jadi seiyuu dalam anime mereka nantinya. Pada saat itulah si Mashiro tanpa sengaja propose ke Azuki kalo misal semua impian itu terwuju nantinya maukah ia menikah dengan Mashiro :v ........ Pertamanya Azuki malu2 terus dia menjawab kalo dia mau tapi dengan syarat bahwa mereka tidak boleh ketemu atau bisa dibilang pacaran ya sampai seluruh impian tersebut terwujud. Nah mulai dari sinilah perjuangan Mashiro dan Takagi dimulai mengejar impian mereka termasuk cewek idaman Mashiro :p.


Dari segi cerita menarik ya karena tidak hanya berkisah tentang perjuangan meraih impian namun juga terdapat kisah romantis di dalam cerita yang diangkat oleh duo kombi tersebut. Seluruh cerita disusun dengan sangat baik dan tentunya disispi dengan banyak adegan lucu agar penonton tidak bosan hahahaha. Tidak hanya comedy, sepanjang ceritanya akan diwarnai dengan berbagai macam konflik dan persaingan entah itu persaingan antar sesama rival dalam hal manga maupun dalam hal percintaan. Jadi mending gausah ragu2 deh bagi kalian untuk menonton anime ini. Anime ini juga menampilkan berbagai macam cerita dalam ceritanya (yaiyalah namanya juga tentang manga), jadi kali aja dengan menonton anime ini kalian dapat memperoleh inspirasi untuk menulis novel atau sejenisnya atau bahkan mungkin juga terinspirasi juga buat bikin manga hahahahha. 

Komponen art yang digunakan dan sound sepertinya ga ada maslaah ya bagi soalnya mimin kerjaan cuman menikmati ceritanya padahal udah sampe 5x bolak balik nonton anime ini wkwkwkwk. Cuman 3 hari lah ya cepet kok kalo cuman rewatch :v

Kalo direview per seasonnya sih bisa juga. Kalo untuk season 1 ya bagi mimin artnya belum terlalu bagus ya maklum soalnya itu tahun berapa jadi masih banyak kekuarangannya ya maklum sih namun dari segi cerita sih tidak ada masalah yang signifikan. Hal lain yang menjadi masalah mungkin sudut pandang ceritanya ya, soalnya di season satu ini ya tentunya masih fokus banget ke arah Mashiro dan Takaginya jadi ceritanya belum berkembng secara meluas atau out of their room :v. Jadi bisa dibilang di season 1 ini ceritanya masih fokus pada bagaimana mereka berdua menemukan jadi diri mereka sebagai mangaka.

Kemudian ke season 2 ya, nah disini sudah mulai berkembang ceritanya dan di season 2 inilah banyak sekali konflik panas dan tabrakan emosi yang terjadi. Tidak hanya itu saja, disini juga akan terjadi beberapa adegan romantis yang bikin penonton salting kali ya wkwkwkwk. Kalo bagi mimin sih season 2 ini adalah bagian gelapnya perjalanan Mashiro dan Takagi jadi bener2 kayak "dark age" gitulah ya wkwkwkwk lebay sumpah. Jadi mungkin karena itulah scorenya cukup meningkat dikarenakan mulai berkembang pesatnya ceritanya di season 2 ini terutama dalam hal mengasah duo kombi tersebut di dalam cerita.


Terakhir review untuk season 3nya adalah ayng paling menarik diantara season lainnya, disini seluruh karakter akan dihadapkan pada rivalitas yang sangat ketat karena karakter terhebat disini akan menjadi penantang seluruh karakter lainnya termasuk sang duo kombi. Tidak hanya itu di season 3 inilah yang akan menjadi kesan terbaik penonton bakuman karena disinilah puncak karir Mashiro dan Takagi serta bagaimana mereka mewujudkan impian mereka setelah bertahun-tahun serta cobaan cinta Mashiro&Azuki tentunya huehuehue.

Yak kayaknya segitu aja deh yang dapat mimin sampaikan terkait review anime Bakuman selama 3 season lamanya berlangsung. Overall anime ini benar2 alayk untuk ditonton karena bahkan mimin sendiri sampai lupa waktu pada saat menonton anime berhasil menyelesaikannya selama 3 hari saja untuk menonton 75 episode :v


Okdeh semuanya, sampai disini dulu review jadenimestory pada hari ini. Sampai jumpa lagi ya di review2 anime lainnya pada keesokan harinya. Akhir kata mimin selalu ucapkan Happy Watching~

Credit to: WhiteLily and RyuZU (wall.alphacoders)

Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou