Review Natsume Yuujinchou (6 Season)

Selamat siang kawan-kawan animelover yang berbahagia hahahahaha

Mimin habis makan siang jd agak ngantuk nih teman-teman wkwkwkwkw. Okelah Mimin mau lanjut lg ngepost review anime biar blog ini agak berwarna dengan banyak post yak wkwkwkwk.

Pada kesempatan kali ini mimin bakal ngereview anime drama lagi karena manusia sekarang suka drama :v

Drama yang bakal mimin angkat bukanlah drama biasa alias drama fantasy yaitu sesuai dengan judul post ini. Sebelumnya mimin mohon maaf karena reviewnya mimin jadikan satu untuk mempersingkat jumlah post yang harus buat dan ujung2nya juga mirip2lah ya kesimpulan review nanti. Oke gausah basa basi lagi kita langsung cek infonya aja berikut ini.

Judul: Natsume Yuujinchou, Zoku, San, Shi, Go, Roku
Genre: Drama, Fantasy, Shoujo, Slice of Life, Supernatural
Rilis: 8 Juli 2008 s.d. 21 Juni 2017
Type: TV
Status: Finished Airing (belum tamat)
Episodes: 13, 13, 13, 13, 11, 11
Score: 8,40; 8,63; 8,66; 8,73; 8,65; 8,76 (My Anime List
Producers: Aniplex, Nihon Ad Systems, TV Tokyo Music, Sony Music Entertainment, Sakura Create, TV Tokyo, Hakusensha,
Studios: Brain's Base
Source: Manga by Yuki Midorikawa


Anime ini merupakan salah satu anime favorit mimin kalo kita lg bahas anime yang genrenya drama. Nah kebetulan menariknya anime ini dibumbui dengan bau2 fantasy sehingga menjadi cukup unik buat para animelover pemula yang ndak tau judul anime satu ini. Nah kebetulan season 6nya yang rilis tahun 2017 kemarin juga mendapat title sebagai anime Fatasy terbaik loh teman-teman. Gimana udah mulai penasaran?

Anime ini berpusat pada sang protagonist seorang anak SMA bernama Natsume Takashi. Natsume (panggilan akrabnya natsume :v) ini punya kekuatan khusus yaitu bisa melihat youkai (kalo dibahasakan mungkin sejenis siluman gitu ya). Nah waktu dia SD kedua orangtuanya meninggal dunia dan akhirnya ia hidup sendirian bersama kerabat dari ayah atau ibuknya gitu mimin lupa wwkwkwk. Karena natsume memiliki kemampuan melihat youkai tadi akhirnya ia selalu diganggu oleh makhluk2 tersebut sampai2 ia ketakutan dan tak sengaja membuat ulah padahal ia hanya berusaha untuk lari dari makhluk tersebut. Akhirnya karena hal itulah akhirnya dia berpindah2 tempat tinggal dari 1 kerabat ke kerabat yang lainnya karena mereka semua ketakutan terhadap keberadaan natsume. Kemudian sampai pada akhirnya ia bertemu dengan kerabat jauh dari Ayahnya yang ingin untuk mengadopsi natsume, padahal selama ini ia selalu dilempar kesana kemari. Akhirnya ia pun memberanikan diri untuk ikut bersama mereka dan mulai hidup agak di desa. Disana pun tidak jauh berbeda, ia masih juga diganggu oleh para youkai dan pergi ke kuil untuk mencari perlindungan. Disana Natsume tak sengaja membuka segel sebuah kuil kecil akhirnya munculah sebuah youkai besar berbentuk kucing namun bentuknya cukup lucu dan ia mulai membicarakan Buku persahabatan (Yuujinchou) yang berisikan nama2 youkai (detilnya nanti nonton sendiri ya) dan kemudian perjalan Natsume dibantu Nyanko-sensei (nama si kucing) untuk mengembalikan nama2 para youkai tersebut pun dimulai.


Perjalanan Natsume tidaklah selalu mulus dan terkadang tentunya ia mendapat kendala dari berbagai macam youkai. Kalo boleh jujur ya, animenya ngebosenin lo hahahaha. Tapi apasih yang membuat anime ini menarik bahkan selalu mendapata score diatas 8? Alasan pertama karena temanya, jarang-jarang kan ada drama yang kecampur fantasy apalagi yang satu ini drama di dunia nyata tapi fantasynya masih dalam lingkup kehidupan dan dapat diterima secara umum. Jadi gampangnya fantasy yang dipilih bukan fantasy sembarangan atau buatan tapi mitos yang sudah ada sejak dahulu kala hanya saja memang idenya dibuat sendiri. 

Alasan kedua mungkin dari makna ceritanya ya, kalo biasanya orang2 denger judul anime kebanyakan pada bilang "Oh itu anime ayng ngajarin cara jadi orang baik". Dan mimin emang setuju sih soalnya emang si Natsume ini kesannya jadi orang baik, dia tidak hanya menerima manusia namun juga menerima youkai sebagai sahabatnya. Terus maknanya dimana? Makna yang mimin tangkep dari selama nonton anime ini adalah "Setiap makhluk ciptaan Tuhan itu tidak ada yang sempurna baik itu manusia atau bukan, ada yang berpenampilan baik ada juga yang berpenampilan buruk, ada yang berkepribadian baik ada juga yang berkepribadian buruk. Ada yang berkepribadian buruk walau berpenampilan baik dan sebaliknya." dan yang kedua adalah "Setiap Manusia itu memiliki apa yang namanya Hati, mereka peka terhadap berbagai perasaan tapi banyak diantara mereka yang tidak mau mengerti satu sama lain sehingga menimbulkan konflik".


Alasan ketiga adalah art yang digunakan baik untuk character design dan latar tempat yang digunakan. Setiap chara design untuk para MC dan youkai yang diangkat bisa dibilang menarik, kita akan bisa menjumpai banyak sekali purwarupa yang dipercayai manusia tentang bagaimana bentuk dari para makhluk halus. Desain latar juga tergolong bagi ya bagi mimin, karena mimin akan menyukai anime dengan art latar tempat yang menarik dan bisa mengalihkan pandangan mimin dari dunia nyata yang membosankan.


Alasan keempat dan terakhir kenapa anime ini tetap menarik walau membosankan adalah karena keberadaan Nyanko-sensei, si kucing gembul yang menarik perhatian para penonton. Selain dari segi bentuknya saja yang lucu, ia juga memiliki seiyuu yang memiliki suara menarik sehingga imut2 gimana gitu karakternya hahahaha. Selain hal tersebut, tingkahnya si Nyanko-sensei ini juga bisa dibilang kocak ya sehingga anime ini tidak begitu membosankan juga kalau ditonton karena berbagai macam tingkah lakunya lucu dan imut. Sebenernya ga cuman Nyankonya aja sih yang lucu tapi semua youkai yang menjadi teman Natsume juga memiliki karakteristik yang lucu tapi ya memang charmnya di Nyank ini :v


Okedeh kayaknya sekian dulu ya review anime Natsume Yuujinchou dari mimin jadenime story. Review buat tiap season kurang lebih sama lah ya, yang tinggal season mana yang menjadi favorit kalian aja. Kalo bagi mimin semua season bagus karena tiap season memiliki makna dan pelajaran hidup yang berbeda dan juga ceritanya selalu berkembang dari satu season ke season lainnya.

Akhir kata Happy Watching and See You on the other post
Credit to RyuZU dan DumbBlonde (wall.alphacoders)
  

Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou