Review 3-gatsu no Lion Season 2


Haloo teman-teman jadenime story sekalian. Tak terasa ya blog ini debuan lagi wkwkwkwk. Mimin entah kenapa lagi banyak pikiran dan kegiatan sehingga belum sempat mengupdate isi dari bloh ini. Sementara kebetulan sekarang mimin lagi mendapat beberapa inspirasi untuk mereview beberapa anime yang sudah mimin rewatch beberapa hari kemarin. Okedeh biar ga banyak basa basi lagi postingan pertama setelah hiatus mimin adalah sebuah anime slice of life yang telah mendapatkan score yang setara dengan anime terbaik sejauh ini yaitu Gintama yang hampir semua serialnya mendapat score diatas 9. Okelah yuk sebelum kita review, kita lihat dulu aja infonya.

Judul: 3-gatsu no Lion S2
Genre:  Drama, Game, Seinen, Slice of Life
Rilis: 14 Oktober 2017
Type: TV
Status: Finished Airing
Episodes: 22
Score: 9,10 (My Anime List) https://myanimelist.net/anime/35180/3-gatsu_no_Lion_2nd_Season#
Producers: Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace Entertainment, Toy's Factory
Studios: Shaft
Source: Manga by Chica Umino



Sinopsis singkat anime 3-gatsu no lion sama seperti review mimin di review serial ini sebelumnya. Anime ini berkisah tentang seorang anak SMA dan kehidupannya sebagai seorang atlit shogi profesional. Kisah Kiriyama Rei bermula semenjak kedua orang tua dan adiknya meninggal saat ia masih berada di kelas 4 SD. Dia kemudian diadopsi seorang teman dari ayahnya yang merupakan pemain shogi juga, dimana dari sanalah ia sadar bahwa tidak ada jalan hidup lainnya bagi dirinya selain bermain shogi. Kisah hidupnya mulai menemui liku2 selama waktu itu yang dapat kalian liat langsung dengan menonton season 1 nya ya. Nah di season 2 ini kalian akan disuguhkan dengan cerita yang masalah utamanya akan berada di keluarga yang menjadi penolong Kiriyama, Keluarga Kawamoto.

Sebelumnya mimin mengucapkan selamat dulu kepada sequel dari serial anime ini akrena telah menjadi anime slice of life terbaik selama 2 musim dari musim Fall 2017 sampai Winter 2018. Bahkan di web paling banyak diakses untuk info anime, anime juga merajai tangga polling terbaik untuk top airing anime. Tidak hanya itu, Admin jadenime story juga mengucapkan selamat kepada sang protagonis, Kiriyama Rei, yang telah dinobatkan sebagai The Best Male Protagonist di Tahun 2017.

Mungkin beberapa kalian yang belum menonton serial di season 1nya dan mungkin bertanya-tanya apa sih yang menarik dari anime ini. Hal pertama yang mimin pikirkan pada saat menonton anime ini adalah sebuah ekspresi takjub karena mimin seperti melihat lukisan yang bergerak. Disaat mimin pertama kali menonton anime ini, mimin langsung terkesima dengan tidak biasanya gambar yang digunakan dalam animasinya. Setiap detail gambar yang ada pada setiap scenenya benar-benar tertata dengan sangat rapi. Bagian terbaik dari semua itu adalah pada scene2 yang menunjukkan sebuah ekspresi2 tertentu dari keadaan, event, emosi, dan sejenisnya digambar dengan khusus bagaikan sebuah lukisan abstrak yang bergerak dan begitu ekspresif sampai emosional penonton akan terbawa kedalamnya. Demikian review mimin terhadap art anime 3-gatsu no lion, Jika kalian masih penasaran seheboh apa artnya lebih baik langsung kalian liat sendri saja karena yak mimin kurang bisa menggambarkan secara jelas wkwkwkkwkw.

Berikutnya kita review ke bagian cerita. Season 2 kali ini membagi cerita utama kedalam beberapa bagian klimaks yaitu insiden pembullyan dari Kawamoto Hinata (adik dari Akari yang menyelamatkan Rei di jalan), kemudian ke pertandingan antara Kiriyama Rei dengan sang Meijin, lalu perebutan gelar Kishou antara sang veteran berusia 66tahun dengan Shimada-san (ketua perkumpulan shogi yang diikuti Kiriyama), dan terakhir adalah galaunya Hinata terhadap kehidupan SMA-nya setelah insiden pembullyan. Setiap bagian cerita memiliki khasnya masing-masing dengan masalah serta penyelesaiannya yang bisa tergolong inspiratif banget untuk kehidupan kita sehari-hari. Tentunya masih berkaitan dengan art, setiap bagian penting dalam cerita yang memiliki emosional tertentu akan digambarkan secara khusus dengan menggunakan gambar ekspresif yang bisa dibilang seperti ilustrasi lukisan. Bagi mimin sendiri, bagian terbaik pada season adalah pada saat Kiriyama dihadapkan dengan Meijin. Ekspresif cerita yang begitu damai dengan latar emosi yang tenang dan serba putih menjadi daya tarik mimin dalam mengikuti bagian tersebut. 

Selanjutnya kita masuk ke bagian cahracter desain ya teman-teman. Bagian ini harusnya tidak memerlukan banyak review tetapi karena mimin melihat sebuah progress dari setiap karakter menjadikan mimin tertarik untuk memeberikan ulasan. Setiap karakter tentunya telah didesain dengan sangat baik dengan mengikuti manganya sebagai dasar. Apa yang mimin soroti dari season kali ini adalah sang protagonis, Kiriyama Rei, yang pada season 1 (buat kalian yg sudah nonton pasti paham) tergolong masih dalam tahap pendewasaan alias masih bocah. Di season 2 kali ini kalian akan melihat perkembangan yang signifikan dari Kiriyama Rei yang bisa dibilang spectakuler sampai mimin sendiri mungkin menjadi fansnya ya wjwkwkwkwk. Perkembangan character desain itu akhirnya mengantarkan Kiriyama sebagai the best male protagonis 2017 lo teman-teman. Yeay hahahahahah. 

Selanjutnya masuk ke bagian terakhir yaitu sound. Pertama-tama mimin ingin mengulas terkait opening dan ending dari season 2 kali ini. Untuk opening dan ending pada bagian pertama sangat tepat ya bagi mimin. OST bagian pertama ini benar-benar mampu menyatu sebagai pengantar anime season ke 2 kali ini dengan sangat baik. Sayangnya anime ini tayang di musim gugur (aki) sehingga mimin merasa sedikit ada yang aneh karena lagunya bagi mimin lebih menyatu ke musim semi (haru) wkwkwkwkk. Masuk ke ost kedua di musim dingin (fuyu) mengalami peningkatan bagi mimin. Lagu opening yang disajikan benar-benar membawa semangat para penonton dengan lagu yang memiliki tempo cepat dan tentunya arti di liriknya menarik sekali bagi mimin dan mampu memberikan semangat. Bukan hanya opening, ending kedua dari anime ini juga menarik ya dengan efek suara yang jarang dan ekspresif hahahaha. Selain ost, apa yang menjadi review sound adalah seiyuu ya (pengisi suara). Seperti biasa mimin ndak begitu memperhatikan bagian pengisi suara selama seiyuu normal2 saja wkwkwkwkwk. Satu hal yang pasti adalah seiyuu Kiriyama yang tentunya selalu menjadi daya tarik mimin karena sangat menyatu kedalam karakter Kiriyama itu sendiri.

Oke... demikianlah review mimin jadenime story untuk sequel dari Anime "3-gatsu no lion". Pendapat mimin terhadap animenya di season 2 kali ini memang adalah anime bergenre slice of life terbaik yang pernah mimin tonton. Buat kalian yang ingin nonton mending langsung aja deh gausah nunggu2 lagi wahahahha. 

Akhir kata Happy Watching and See You Again desu~


Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou