Review Overlord II (Season ke-2)


Konban wa animelovertachi wahahahaha.....

Jumpa lagi bersama mimin di review anime jadenime story. Kalo kemarin kita habis membahas anime yang lucu2, hari ini kita akan membahas anime action isekai fantasy yang menjadi salah satu anime favorit penonton di musim winter 2018. Review kali ini mimin buat karena kelupaan untuk buat review anime2 dua musim kemarin wkwkwkwk. Mimin kira udah ke review eh ternyata pas ngecek dashboard listnya ga ada :v. Oke sebelum kita review langsung aja cek infonya dulu dibawah ini ya.

Judul: Overlord II
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Magic, Supernatural
Rilis: 9 Januari 2018
Type: TV
Status: Finished Airing
Episodes: 13
Score: 8,00 (My Anime List
Producers: AT-X, Enterbrain, Grooove, Hakuhodo DY Music & Pictures, NTT Plala, Kadokawa
Studios: Madhouse
Source: Light Novel by Kugane Maruyama


Overlord II ini merupakan sequel dari anime Overlord yang mulai memasuki season kedua penayangannya sebagai adaptasi dari light novel karya Kugane Maruyama-sensei. Season kedua ini tidak berbeda jauh dengan season pertama ya teman2 karena ceritanya masih merupakan kelanjutan dari season sebelumnya dan masih berfokus pada Ainz Ooal Gown. Fokus cerita yang disajikan pada season 1 masihlah merupakan awal dari rencana besar yang ingin dicapai oleh Ains dan season 2 ini adalah kelanjutan dari eksekusi rencana tersebut. Cerita pada season dua dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu arc Lizardmen dan Organisasi Delapan Jari. Pada bagian Lizardmen cerita akan berfokus pada Cocytus yang menjadi tokoh utama yang dipilih oleh Ainz untuk menaklukan kaum Lizardmen. Sayangnya, cocytus yang terlalu percaya diri dengan kekuatannya akhirnya mengalami kekalahan di pertempuran karena terlalu percaya diri dengan kekuatannya. Setelah itu ceritanya mulai menarik nih teman2 karena bakal ada aksi megah kekerajaan dan pertempuran lanjutan dari Lizardmen dengan Cocytus. Jadi..... silahkan tonton sendiri ya dijamin seru deh.

Bagian kedua dari season kali ini akan berfokus pada Sebas Tian (Leader dari Pleades) yang tanpa sengaja terlibat konflik dengan Organisasi Rahasia yang bergerak di kegelapan Kerajaan Re Estize. Konflik itu terjadi awalnya karena memang jiwa ksatria yang dimiliki oleh Sebas karena menolong seorang budak yang tau2 merupakan bagian dari organisasi tersebut. Bla bla bla nanti aksi Sebas itu akan menjurus kepada peluang penyerangan tim Ainz yang dipimpin oleh Demiurge terhadap Kerajaan Re Estize melalui penaklukan dan kekuasaan terhadap Organisasi Delapan Jari. Gimana? Itu organisasi menguasai 1/3 kerajaan, lalu organisasi tersebut sudah jatuh ke kekuasaan Ainz, seru kan? Namun sayangnya cerita season kedua tersebut pun berakhir pada semi gagalnya penyerangan dari Demiurge yag disengaja untuk kalah. Berita baiknya kelanjutan cerita Ainz dkk akan berlanjut lagi di musim Summer 2018 yang kira2 akan tayang malam ini atau besok.


Sama seperti sebelumnya, dari segi cerita mimin ga bakal banyak komentar karena cerita pada season kedua ini sama atau bahkan lebih keren dari pada season sebelumnya. Jika pada season sebelumnya kita hanya melihat kehebatan dari Narberal Gamma dan Shalltear, maka disini kita akan disuguhkan dengan aksi pertempuran Cocytus, Kekuatan Sebas, dan Strategis Demiurge. Oh iya kita juga akan diperlihatkan salah satu petualang kelas admantite yaitu kelompok Mawar Biru yang bisa dibilang lemah ya kalo dibandingin Ainz dkk wkwkwkwkwk.

Overlord merupakan salah satu cerita isekai yang menarik. Sayangnya cerita yang disuguhkan hanya memiliki first impresion sesaat. Yak memang ceritanya keren, sang protag merupakan dark hero namun ingin menjadi sang penguasa dunia. Awalnya cerita ini memiliki dampak ayng besar namun tidak akan berkembang tanpa adanya pengembangan alur ke arah yang lebih jelas. Terlalu banyak aksi dan planning yang terlalu mudah untuk dicapai. Seiring berjalannya cerita di season 2 mimin memang merasa terkesima pada awalnya namun beberapa saat kemudian kalian mungkin akan berpikir “udah gitu aja?” atau “Ga usah ribet2 langsung aja Nazarick nyerang semua pasti ga abakal”. Yap itulah yang menjadi kelemahan dari Overlord, ceritanya masih belum berkembang dan masih terlalu simple seperti LN isekai lainnya seperti Sword Art Online dan Log Horizon yang mengalami penurunan pada season kedua animenya. Semoag saja di season 3 nanti kita akan melihat perkembangan cerita yang lebih menarik karena akan mengangkat tema peperangan.


Setelah kita membahas cerita seperti biasa selanjutnya kita akan membahas desain grafis dan animasi. Desain grafis Overlord seperti biasa sangat luar biasa ya teman2. Terutama character design yang dibuat sangatlah apik dan keren. Chara design memang menjadi salah satu kekuatan yang luar biasa dari anime Overlord. Setiap karakter yang ditampilkan selalu memiliki detail dan desaign yang keren sehingga mampu memberikan dampak yang luar biasa terhadap cerita. Tidak hanya pada character saja, desain grafis untuk latar juga tidak berbeda dengan season pertamanya yang menampilkan kualitas gambar dan efek yang sangat bagus dan indah dimata penonton.

Sebuah hal yang sangat disayangkan mimin adalah animasinya. Entah karena faktor cerita yang memang seperti atau bagaimana bagi mimin kualitas animasi untuk scene action kurang mampu memberikan jiwa dan impact yang besar terhadap cerita. Pada awal menonton mungkin kita akan meliaht betapa kerennya pertempuran yang dilakukan oleh Cocytus dan Sebas, namun setelah pertempuran berakhir kalian akan merasakan sesuatu yang kurang atau hilang dari pertempuran tersebut. Hal itulah yang menjadi kelemahan animasi dari Overlord. Jika kita membahas animasi pengguanaan CG pada beberapa karakter seperti pasukan pesang juga perlu diperhatikan ya. Dalam beberapa tahun ini perkembangan animasi 3D di Asia sudah mulai membaik, tetapi belum bisa mimin bilang baik. Kualitas memang sudah bisa mimin katakan meningkat pesat dari yang dulunya mimin sebut sebagai 3D maksa sekarang sudah membaik namun masih bermasalah di berbagai hal terutama detail gerakan dan ekspresi kali ya hahahaha.


Selanjutnya kita akan membahas terkait bagian sound yang akan mimin ringkas sebagai berikut pengisi suara 8/10; opening 8/10; ending 8/10. Yak overall mimin tidak bisa memberikan nilai yang sangat tinggi namun mimin mengapresiasi tidak adanya penurunan kualitas pada bagian di season kedua ini. Oh iya mimin juga lupa mau mengapresiasi beberapa scene komedi yang mungkin disajikan selama penayangan. Menarik dan cukup lucu kok terutama suaranya wkwkwkwk.
Yak demikianlah review singkat dari season kedua anime Overlord. Secara garis besar anime ini memiliki kualitas cerita yang baik namun belum menunjukkan daya tarik yang besar. Semoga ceritanya akan berkembang ke arah yang lebih seru lagi. Overall enjoyable anime ini mimin beri nilai 9/10 deh. Mimin merekomendasikan anime ini untuk kalian yang membutuhkan pendorong motivasi sesaat yang memiliki impact besar :v


Sekian dulu dari mimin, akhir kata mimin ucapkan Happy Watching dan sampai jumpa di post2 review anime Jadenime Story selanjutnya ^-^

Credit to: drak95 and RyuZU (wall.alphacoders.com) for the images.

Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou