Review Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online (GGO)


Yoo guyss jumpa lagi bersama mimin Jadenime Story yang cakep, imut, dan baik hati ini di review anime-anime terfavorit yang tentunya versi dari Jadenime Story sendiri. Kalo kemarin mimin habis ngereview movie kali ini mimin bakal balik untuk mereview anime serialisasi yang telah tayang. Berhubung minggu2 ini sedang dalam transisi pergantian musim ya di Jepang dari musim semi ke musim panas, jadwal anime pun juga mengalami transisi untuk pergantian musim. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak anime musim kemarin yang sudah touchdown episode terakhir untuk musimnya. Yak seperti biasa mimin mau share anime-anime apa aja sih yang menjadi favorit mimin di musim semi 2018 kemarin. Padahal anime-anime musim winter belum di review semua sih ya tapi biar masih fresh mimin langsung lompat aja deh ke review anime spring 2018. Favorit mimin musim ini ga begitu banyak sih ya, palingan didominasi sama anime2 sequel dari musim2 sebelumnya. Tetapi ada beberapa anime yang ingin mimin share sebagai rekomendasi untuk ditonton buat teman2 sekalian. Langsung aja kita masuk ke review pertama yaitu anime terfavorit mimin di musim spring 2018 yaitu Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online. Oke sebelum di review kita cek dulu infonya ya~  

Judul: Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online
Genre:  Action, Fantasy, Game, Military, Sci-fi
Rilis: 8 April 2018
Type: TV
Status: Finished Airing
Episodes: 12
Score: 7,39 (My Anime List
Producers: -
Studios: Studio 3Hz
Source: Light Novel by Keiichi Sigsawa


Sword Art Online merupakan salah satu anime yang membuat mimin menjadi addicted lo sama anime. Dulu banget mimin ga tau kalo diluar sana ada cerita semenarik ini dan akhirnya malah membuat mimin untuk menggali judul2 anime apa lagi yang menarik sampe sekarang hdd 1TB udah ga muat nampung koleksi wkwkwkwk. Adaptasi dari LN SAOA ini dulunya berbarengan sama SAO S3 eh ternyata anime ini dual yang dapat jatah tayang. Awalnya mimin kira anime ini berasal dari pengarang yang sama seperti serial aslinya Sword Art Online karangan Reki Kawahara-sensei eh tapi ternyata serial spin-off ini merupakan karang langsung dari Keiichi Sigsawa yang terkenal dengan karyanya Kino's Journey. 

Cerita dari serial spin-off ini mengambil kisah pada sebuah game FPS "Gun Gale Online" yang sudah pernah muncul di season kedua dari anime Sword Art Online. SAO Alternative ini mengambil latar waktu setelah insiden GGO di serial SAO Season 2 selesai dan game ini tergolong aman kembali. Cerita ini berpusat pada seorang gadis bermana Karen yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Tokyo. Ia memiliki tubuh yang tinggi dan bisa mimin bilang sih feminim banget ya dan seksi kok hahahahaha. Namun, ternyata karen tidak pede dengan bentuk tubuhnya itu. Ia lebih suka untuk memiliki tubuh yang kecil, mungil, dan imut. Jadi untuk mewujudkan mimpinya itu, Karen akhirnya lari dari kenyatan menuju dunia game VR. Banyak game yang telah ia coba berdasarkan rekomendasi sahabatnya namun ia tidak menemukan game yang memberikan bentuk avatar yang diinginkan Karen sampai pada akhirnya di game GGO ia akhirnya mendapatkan bentuk avatar yang ia idamkan. Mulai dari situlah Karen (Llenn nama di game) mulai mendalami kehidupannya menjadi salah satu player GGO sam mendapatkan julukan si iblis pink dan akhirnya terseret untuk ikut kejuaraan tim. Yak berikut ini mimin kasi gambar dari avatar milik Karen. 


Gimana nih teman2? Imut kah? wkwkwkwk. Oke selanjutnya kita bahas ke bagian storyline aja deh ya. Pada awalnyaa mimin sempet pesimis soalnya MCnya buka kirito hehehe, tetapi sepanjang menonton kurang lebih 3 bulan mimin berani acungi jempol untuk ceritanya. Cerita yang disajikan dalam serial ini cukup menarik ya bagi mimin dan bener-bener sangat seru untuk ditonton tiap minggunya. 

Secara garis besar ceritanya dibagi menjadi dua plot besar yaitu Squad Jam 1 (SJ1) dan SJ2. Berbeda pada cerita di serial asli SAO GGO yang memiliki kompetisi BoB yang terdiri dari battle royale tiap peserta, di SAOA GGO squad jam merupakan turnamen battle royale untuk tim work. Kalo kalian main PB atau CSGO pasti ngerti lah walau disini bedanya isinya banyak tim dalam 1 map yang berkisar 10km. Selama berlangsungnya anime, kalian akan disuguhkan dengan banyak aksi dari Llenn yang merupakan si Iblis Pink. Banyak scene menegangkan yang dapat meningkatkan keasyikan para penonton. Tidak hanya itu, penerapan strategi di dalam turnamen juga mejadi daya tarik tersendiri serta munculnya komedi2 dari para karakter yang tidak terduga juga menjadi hal yang menarik bagi ceritanya. Berbeda dengan serial asli SAO yang harem, SAOA ini kebanyakan didominasi oleh karakter perempuan untuk MCnya. Dan sangat disayangkan sekali di episode terakhirnya, apa yg sudah menjadi kegalauan mimin pun terjadi yaitu Yuriiiiiii wkwkwkwkwk. Pokok gitu deh ya mending kalian nonton sendiri aja :v. Overall cerita mimin kasi nilai 8 deh ya (mumpung lagi baik).


Bagian selanjutnya seperti biasa kita akan mereview desain grafis dan animasi ya teman2. Desain grafis yang digunakan tergolong baik ya alias tidak asal2an. Mimin cukup terkesan dengan kualitas grafis yang digunakan sehingga tidak terlalu berbeda jauh kualitasnya dengan serial utama dan cukup menyatu juga dengan karakter desain yang dibuat. Seperti yang mimin sampaikan diatas, mimin cukup pesimis karena tidak ada Kirito, tapi desain karakter Llenn sendiri ternyata juga cukup menarik bagi mimin. Menarik karena Loli? Ya iyalah coyy.... Bayangin aja Loli coy main game tembakan2 kek begitu terus strong lagi wkwkwkwk. Bener-bener diluar ekspektasi mimin lah buat karakter loli. Disisi lain yang loli beneran malah jadi cewek2 amazon hehehehe. Untuk chara design bisa dibilang oke lah ya. Gambarnya soft kok rek percaya dah, enak banget diliat hahahaha. Bagian latar cerita juga bagus sih bagi mimin, tetapi tidak begitu menonjol dalam penilaian mimin karena latar yang disajikan tidak begitu wah ya maklum bukan game RPG fantasy pak buk wkwkwkwk. Eitttsss jangan salah paham dulu lo ya, kalo kalian memperhatikan detail latar map dari kedua SJ ga bisa dibilang setengah2 lo ya. Kualitas grafis latar juga tidak kalah baik dengan chara design dan tentunya benar-benar menyatu dengan tema gamenya.   

Dari segi animasi sudah bagus. Anime ini merupakan anime action sehingga faktor animasi sangat memengaruhi kualitas keseluruhan dari anime itu sendiri. Pendapat mimin sendiri animasi yang digunakan sudah baik dan kurang lebih mirip dengan anime2 action terpopuler lainnya (setidaknya lebih baik dari One Piece dan Black Clover sekarang -_-). Setiap aspek mulai dari penentuan scene, perpindahan karakter, baku tembak, arah kamera penonton, dll sudah dimanage dengan baik. Namun, ya tentunya setiap hasil kinerja pastinya memiliki potensi untuk dikembangkan secara lebih baik. Jujur saja mimin belum terlalu sering mendengar nama Studio 3Hz ini tapi jika dilihat dari kualitas yang dihasilkan pada SAOA GGO ini, studio 3Hz memiliki potensi yang baik di masa depan dan mudah2an karyanya semakin banyak seperti studio besar lainnya.


Selanjutnya kita akan beralih ke masalah sound ya. Review mimin untuk masalah terkait audio lagi-lagi tidak terlalu banyak. Mimin sangat mengapresiasi studio untuk memilih para pengisi suara yang dapat memberikan jiwa kepada para loli tersebut sesuai dengan yang seharusnya. Tidak hanya itu mimin juga mengapresiasi pengisi suara dari Llenn dan Pito karena memerankan dua suara yang bisa tergolong berbeda jauh ya antara karakter di GGO dengan realnya. Selanjutnya untuk bagian opening merupakan bagian favorit mimin karena lagunya dibawakan langsung oleh salah satu penyanyi idola mimin yaitu mbak Eir Aoi yang berjudul "Ryuusei". Sumpah lagunya bagus banget dan cocok banget untuk membangkitkan semangat penonton pada awal tiap episode. Pokoknya mantap dah suaranya mbak Eir Aoi (y). Dibagian ending cukup mengejutkan sih karena lagunya dibawakan langsung oleh sang pengisi suara Llenn-chan lo temen2 heheheh, Lagu berjudul "To see the future" itu memiliki melodi dan suara yang lembut sehingga menjadi salah satu lagu yang mimin tunggu tiap minggunya.


Yak akhirnya tiba juga di penghujung halaman. Demikianlah review anime Sword Art Online Alternative: GGO. Secara keseluruhan anime ini memang bukan anime yang memiliki kualitas yang luar biasa, namun menarik untuk menjadi tontonan dikala senggang dan liburan buat kalian2 ayng mencari cerita yang ringan tpi menarik dan menggugah adrenalin. Kalo dari segi "Enjoyment" mimin berani kasi nilai 9 dari 10 deh ya. Entah kalo reviewer lain bilanggnya gimana, tapi anime ini layak untuk menjadi rekomendasi tontonan kalian semua.

Yak segitu dulu deh review dari jadenime story.... akhir kata selalu mimin ucapkan Happy Watching and See You Again Desu~

Credit to: RyuZU, CrazyDiamond, and Kas_Kirigiri (wall.alphacoders.com) for the images.

Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou