Review Chihayafuru Season 1


Masih di pagi hari yang cerah ini, Mimin masih mau ngepost review anime lagi nih gaesss... Kapok gak nulis2 dari sebulan yang lalu, jadi makin banyak aja anime yang antri untuk di reviewin wkwkwkkw.....

Oke review kali ini akan membahas anime dengan genre yang belum pernah mimin angkat yaitu “Sports”. Tidak hanya itu anime sport ini bisa dibilang tidak biasa juga lo gaaess... Kenapa? Karena bukan olahraga yang biasa kita tau dan tentunya hanya ada di Jepang. Buat kalian yang penasaran olahraga apa sih, yuk kita cek dulu infonya berikut ini.

Judul: Chihayafuru
Genre:  Drama, Game, Josei, School, Slice of Life, Sports
Rilis: 5 Oktober 2011
Type: TV
Status: Finished Airing
Episodes: 25
Score: 8,28 (My Anime List
Producers: VAP, Nippon Television Network
Studios: Madhouse
Source: Manga by Yuki Suetsugu


Chihayafuru merupakan salah satu cerita sport (biasanya manga) yang pernah diangkat menjadi seuah anime. Banyak sekali anime sport yang telah menuai suskes dari animasinya, dan tentunya chihayafuru adalah salah satunya. Berbeda pada anime sport pada umumnya yang mengangkat cerita seperti voli, basket, soccer, american football, tenis, dsb. Anime ini mengangkat sebuah olahraga yang dimulai dan terkenal di Negeri Sakura, Jepang. Sport tersebut adalah “Karuta”. Apa? Karuta? Apa itu? Yups itu adalah beberapa pertanyaan yang dilontarkan beberapa orang yang belum tau tentang olahraga satu ini dan mimin adalah salah satunya :v. Kalo kalian pernah dengar permainan dimana orang-orang duduk di suatu bidang dan disana tergeletak banyak kartu dengan berbagai kata, kemudian pemimpin game membacakan suatu kartu dan tiap pemain harus mengambil kartu ayng sama dengan yang disebut. Kurang lebih seperti itulah, hanya saja beberapa animasi lain menunjukkan permainan yang santai, dan di chihayafuru ini menampilkan permainan tersebut dalam versi olahraga yang tingkat tinggi.

Cerita dalam anime ini pada awalnya berfokus pada Chihaya, Taichi, dan Arata yang merupakan satu tim karuta yang tiba2 muncul secara tidak sengaja dan akhrinya menjadi karuta baka. Setelah bersumpah menjadi tim secara tidak sengaja Taichi harus sekolah yang jauh dan Arata harus pulang ke kampung halaman karena kakeknya sakit kemudian meninggalkan Chihaya sendirian. Namun itu tidak menutup semangat Chihaya terhadap karuta. Kemudian plot sebenarnya dimulai pada saat Chihaya masuk SMA, dimana ingin membentuk klub karuta dan membuat sebuah tim untuk bertanding di ajang nasional. Bagaimanakah perjuangannya? Yak tonton deh ya :v

Overall storynya bagus dan memiliki nilai plus di beberapa scene yang memiliki makna mendalam dan emosional yang tidak biasa. Sepanjang cerita banyak alur naik turun yang begitu menarik untuk diikuti. Walaupun pada awal memang terkesan membosankan, tapi mimin bersyukur tetap melanjutkan untuk menonton sampai akhir. Cerita yang sangat hebat ini bahkan masih terngiang di kepala mimin sampai beberapa hari setelah menonton eps terakhirnya. Saking menariknya mimin juga sempat beberapa kali menonton ulang anime ini dan beberapa perasaan seperti merinding karena scene2nya masih teraasa dan tidak membosankan. Walau alur story tidak jauh berbeda dengan anime sport lainnya dan cenderung untuk mudah ditebak tidak menurunkan kualitas cerita dari anime ini. Overall mimin beri nilai 9/10 untuk storynya.


Selanjutnya bagian kedua adalah review dari segi desain grafis dan character desain. Kualitas grafis yang digunakan tidak lagi menjadi masalah dari Madhouse. Studio ini selalu memiliki kualitas grafis yang tinggi untuk setiap karya yang ia angkat. Chihayafuru pun tidak berbeda, desain grafis yang begitu detail dengan tingkat realistis yang amat tinggi menjadikan setiap aspek di dalam animasi memiliki kualitas yang sangat tinggi. Chihayafuru berbeda dengan anime sport lainnya, dimana anime ini berfokus pada seni dari 100 puisi dan tentunya harus diikuti ekspresi dari puisi2 tersebut. Dengan kualitas grafis yang dimiliki oleh Madhouse, scene ekspresif khusus yang dibutuhkan oleh anime ini menjadi sangat spektakuler bahkan sampai membuat mimin terkesima dengan kualitas art yang digunakan untuk setiap scene yang membutuhkan ekspresi khusus. Desain character tidak jauh berbeda dengan grafis animasi yang digunakan. Setiap karakter didesain dengan sangat apik dan khas terutama untuk Chihaya, Arata, dan Taichi yang terkesan desainnya paling niat dan detail sendiri wkwkwkwk. Bagian desain grafis mimin kasi nilai 9/10.


Bagian ketiga adalah review dari segi sound berupa ost dan pengisi suara. Opening dan ending dari anime chihayafuru mimin nilai bagus dan sangat sesuai dengan tema dari anime ini. Mimin suka sekali dengan ost yang digunakan terutama pada endingnya yang memiliki melodi yang enak didengar di telinga. Untuk para pengisi suara juga telah dapat menghidupkan setiap karakter dengan karakternya masing-masing yang sesuai dengan desainnya.


Demikian review anime Chihayafuru yang dapat mimin sampaikan. Overall anime ini benar-benar enjoyable untuk ditonton dan bisa menjadi pemberi semangat kalian untuk menjalani hari-hari log gaess. Keseluruhan mimin nilai 8/10 cukup lah ya untuk ukuran anime sport hehehe. Akhir kata mimin ucapkan selamat menonton and have a nice day!!!

Credit to: ajak60, darkness, and RyuZU for the images (wall.alphacoders.com)

Comments

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou