Review Utawarerumono


Haloooo selamat pagi semuanya... jumpa lagi bersama admin jadenime story di review anime hehehehe. Gimana nih cuaca di tempat kalian? Di tempat mimin lagi cerah nih hahahaha. Mudah2an di tempat kalian juga cerah semua dan pada semangat menjalani hari ya.

Pagi ini mimin udah nyiapin 2 bahan yang siap mimin review untuk kalian semua. Mungkin kalian gak banyak yg tau anime ini karena memang anime lawas dan ratingnya ga tinggi2 banget. Tapi entah kenapa setiap mimin nonton bawaannya seneng aja dan menikmati banget setiap menitnya. Oke sebelum kita masuk ke bagian review mari kita cek dulu infonya berikut ini.

Judul: Utawarerumono
Genre: Action, Drama, Fantasy, Sci-fi
Rilis: 4 April 2006
Type: TV
Status: Finished Airing
Episodes: 26
Score: 7,73 (My Anime List) q=utaware
Producers: Lantis, Half H.P Studio, AQUAPLUS
Studios: OLM
Source: Visual Novel by Aquaplus


Utawarerumono merupakan anime yang memiliki cerita drama fantasy yang bermula dari eksperimen manusia terhadap manusia buatan. Nah si karakter utama Hakuoro tanpa sengaja ditemukan tak sadarkan diri oleh Eruruu. Ia tak sadarkan dan tidak mengingat apapun tentang dirinya. Karena memiliki aura yang sama seperti ayah eruruu, nenek eruruu sang kepala desa memberikan nama yang sama seperti ayah dari Eruruu yaitu “Hakuoro”. Berselang beberapa lama setelah Hakuoro menjadi warga desa tersebut, konflik dengan bangsawan setempat yang diktator dan semena-mena pun terjadi dan nenek Eruruu menjadi salah satu korbannya. Demi membebaskan seluruh rakyat dari hal itu, maka Hakuoro bangkit secara terpaksa untuk mengangkat senjata dan membunuh sang bangsawa tersebut. Tidak sampai disitu perjuangan untuk membangun kerajaan yang damai pun dimulai dari situ yang mana Hakuoro akan menjadi sang raja.


Anime ini mengambil plot cerita masih pada zaman abad awal2 jika kita menagmbil teknologi yang dimiliki oleh mereka. Drama fantasy yang terjadi disini adalah perjalanan untuk memperjuangkan kedamaian bagi rakyat yang tertindas dan mulai terbentuknya keraja Tusukuru. Tidak hanya drama biasa, anime ini sebenarnya juga mengangkat cerita harem bagi Hakuoro, dimana nanti akan muncul berbagai karakter wanita baru selain Eruruu dan Aruruu.
Buat kalian yang suka dengan cerita yang mengangkat peperangan, anime juga tidak jauh berbeda, yang namanya cerita kerajaan pastinya akan muncul adanya konflik politik dan perang. Hanya saja perang yang ditampilkan bukanlah perang yang detail seperti di anime Kingdom, tetapi lebih taktis praktis dan tidak dalam skala yang sampe ratusan ribu prajurit.

Mimin sangat menikmati cerita dari awal sampai akhir dari anime ini. Ceritanya ringan, menyenagnkan, dan mengharukan? Maybe wkwkwkwk. Sayangnya kelemhana ceriata ini adalah tidak ada plot penjelasan dari misteri sci-fi yang terjadi kepada Hakuoro secara detail. Apa yang terjadi sesungguhnya di dunia manusia sebelumnya dan munculnya bangsa seperti Eruruu dkk dari mana? Walaupun pada cour kedua dari anime sudah menyinggung terkait hal itu namun mimin belum merasa terpuaskan sepenuhnya terkait sci-fi yang terjadi. Jadi mimin cuman menikmati drama fantasynya saja hehehehe. Overall story mimin cuman bisa ngasi nilai 8 karena sudah cukup puas dengan cerita yang disajikan.


Berikutnya masuk ke dalam art dan desai grafis yang digunakan, bagi mimin anime ini sudah sangat bagus untuk ukuran anime2 yang lahir pada tahun 2006. Gambarnya yang soft dan terang serta colorfull memberikan kenikmatan bagi mata penonton. Dilihat dari segi karakter design, Utawarerumono menurut mimin sangat pintar untuk mengambil cara bagaimana mereka mendesign karakternya. Biasanya story bergenre fantasy memang  diminta untuk dapat memberikan gambar fantasy yang memuaskan, jikat tidak maka dunia fantasynya tidak akan berwarna alias mati. Nah karakter design di dalam anime ini sudah dapat memenuhi kebutuhan tersebut, dimana setiap karakter penting yang muncul disini benar-benar memiliki karakter dengan ciri khususnya masing-masing dan jika mereka berkolaborasi akan membentuk sebuah scene yang menarik bagi para penonton. Overall terkait gambar mimin sudah berani ngasi nilai 8/10 deh ya ;)

Review terakhir sebelum penutup adalah bagian sound. Nah inih nih yang mimin suka banget, terutama tentang sountrack yang digunakan. Baik opening dan ending keduanya memiliki melody lagu yang sangat indah dan enak sekali untuk didengar. Tidak hanya itu, ost tersebut benar-benar memberikan iconic yang sangat tepat bagi anime yang mengangkat garis waktu pada zaman kerajaan. Tidak hanya dari soundtrack, kualitas para pengisi suaranya pun tidak kalah berkelas, beberapa suara yang mimin suka ada suara si Hakuoro tentunya yang sangat manly dan juga suaranya Camus yang lucu banget wkwkwkwk. Overall mimin kasi nilai 8/10 juga wwkwkwk


Yak demikianlah review mimin jadenime story terhadap anime Utawarerumono. Penilaian terakhr ada tentang tingkat enjoyment yang mimin kasi nilai 9/10. Secara keseluruhan sih mimin cuman bisa ngasi nilai 8/10 yang sayang di MAL ratingnya tidak mampu menyetuh angka 8 hiks. Mungkin kalian yang suka nonton Akatsuki no Yona juga akan tertarik untuk menonton anime ini J

Akhir kata mimin ucapkan selamat pagi dan Have a Nice Day semua :D

Credit to: darkness (wall.alphacoders.com) fo the images.

Comments

  1. Kalo boleh nanya, brrti utawarerumono dan utawarerumono : itsuri no kamen itu beda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mnurut gw sih sama, cmn bnyak ditambahin karakter2 baru. padahal berharap bisa ngeliat si hakuoro lagi di itsuri no kamen

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Saiunkoku Monogatari 2nd Season

Review Utawarerumono: Itsuwari no Kamen

Review Quan Zhi Gao Shou